Sabtu, 29 April 2017

MATERI EMAIL SERVER DAN EMAIL CLIENT

Image result for EMAIL SERVER

PENGERTIAN EMAIL SERVER


Mail server merupakan suatu perangkat lunak yang mendistribusikan file atau informasi sebagai balasan atau respon atas permintaan yang dikirim melalui email. Istilah ini juga sering digunakan untuk menunjukkan bitnet yang menyediakan layanan serupa ftp. Tak hanya itu program ini juga dapat digunakan sebagai aplikasi install email.
Tak hanya sebuah program mail server juga bisa berupa sebuah komputer yang memang dikhususkan untuk menjalankan aplikasi perangkat lunak program ini. nah komputer ini di ibaratkan sebagai jantung dari system sebuah email. Program ini biasanya dikelola oleh programer yang disebut dengan post master.
Mail server ini dikelola oleh seorang post master yang memiliki beberapa tugas pokok yaitu mengelola kaun, memonitor bagaimana kinerja server dan melaksanakan tugas administrative lainnya. Biasanya program ini menggunakan protocol antara lain smtp, pop3 dan imap.

FUNGSI EMAIL SERVER

Mail server berfungsi sebagai pengatur atau penerima dan penyalur respon atas email yang masuk. Tak hanya itu fungsi utama dari program ini adalah sebagai aplikasi yang digunakan untuk menginstal email. Oleh karena itu aplikais ini sangat penting karena akan mengatur jalannya email dan merespon setiap email yang masuk.

CONTOH EMAIL SERVER
  • Outgoing Server (Sending email) : Protocol server yang menangani adalah SMTP(Simple Mail Transfer Protocol) pada port 25.
  • Incoming Server (Receiving email) : Protocol server yang menangani adalah POP3 (Post Office Protocol) pada port 110 atau IMAP (Internet Message Access Protocol) pada port 143.




Image result for EMAIL CLIENT ADALAH

PENGERTIAN EMAIL CLIENT

software yang digunakan untuk mengirim dan menerima e-mail melalui komputer Anda tanpa browser. Cukup dengan menjalankan software e-mail client secara otomatis e-mail akan terdownload ke komputer Anda. Saat Anda tidak terkoneksi dengan internet, Anda dapat membaca e-mail – e-mail yang telah di download tersebut.

FUNGSI EMAIL CLIENT


1. Mengambil pesan dari kotak suara email client hanya aktif ketika penggunna menjalankannya. Pengaturan yang paling umum adalah seorang pengguna email membuat suatu perjanjian dengan remote mail transfer agent server (MTA) untuk penerimaan dan penyimpanan email client. Penyimpanan mail jauh disebut sebagai pengguna kotak suara. Email di simpan di kotak suara sampai client email pengguna meminta mereka untuk di-download ke komputer pengguna, atau dapat mengakses kotak suara pengguna pada server. Kotak suara pada saat penggunaanya dapat di akses dengan dua cara khusus yaitu Post.  
      
 2. Office Protocol (POP) dan Internet Message Access Protocol (IMAP).
Post Office Protocol (POP) memungkinkan pengguna untuk men – download pesan satu per satu dan menghapus hanya dari server setelah mereka berhasil menyimpan di penyimpanan lokal.

3. Internet Message Access Protocol (IMAP) memungkinkan pengguna untuk menyimpan pesan di server. IMAP menyediakan folder dan sub-folder yang dapat dibagi di antara pengguna yang berbeda.

CONTOH EMAIL CLIENT

1. Mozilla Thunderbird
Ini adalah email client dari Mozilla Foundation. Thunderbird dapat mengelola beberapa e-mail, newsgroup dan RSS dan mendukung banyak identitas di dalam account. Fitur seperti pencarian cepat, pencarian tersimpan folder, pesan lanjutan penyaringan, pesan pengelompokan, dan label membantu mengelola dan menemukan pesan. Sama seperti Firefox, email client ini membuatnya sangat aman dan fleksibel untuk untuk meningkatkan produktivitas Anda.

2. Claws Mail
Claws Mail adalah mail client gratisan, GTK +-based. Claws Mail sangat ringan digunakan untuk pengguna laptop. Seperti Firefox, berbagai macam plug-in untuk klien email ini membuatnya sangat fleksibel dan aman. Claws Mail berjalan pada Windows, Mac OS X dan sistem Unix seperti Linux, BSD, dan Solaris.

3. Spicebird
Spicebird merupakan kolaborasi terintegrasi yang menyediakan akses ke email, kontak, kalender dan pesan instan dalam satu aplikasi. Menyediakan akses yang mudah ke berbagai layanan web sementara tetap mempertahankan semua kelebihan dari aplikasi desktop. Hal ini dikembangkan oleh perusahaan bernama Synovel India. Ini adalah gratis, open source dan lintas-platform perangkat lunak.

4. Zimbra Collaboration Suite (Open Source Version)
Zimbra adalah klien dan server platform untuk olahpesan dan kolaborasi. Mengintegrasikan klien web email, kontak, berbagi kalender, VoIP, dan pembuatan dokumen online di kaya antarmuka berbasis browser. Ini lebih seperti MS-Exchange dan Outlook combo. Dengan kata lain kompatibel dengan milik klien seperti  Zimbra juga menyediakan dua arah sync ke banyak perangkat mobile seperti Nokia Eseries, BlackBerry, Windows Mobile, iPhone dengan perangkat lunak 2,0.

5. Sylpheed
Sylpheed adalah gratis, GTK +-based, open source klien email dan berita. Sylpheed berjalan pada Windows, Mac OS X dan sistem Unix-like seperti Linux, dan BSD.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar